Powered By Blogger

Senin, 01 Desember 2014



Guru Besar University Madinah Almunawwar  Dosen Tamu  di UIM
MENUNTUT ILMU,
JIHAD DI JALAN ALLAH



Guru besar  University Madinah Almunawwar Dr. Waheeb Ibn Abdulrahman Khouj berkunjung secara khusus ke Universitas Islam Makassar, Kamis (27/11) kemarin. Kehadiran  Dekan Fakultas Hadis Islamic yang juga  dosen di Ummul Qura Mekkah dikemas dalam bentuk kuliah umum yang dihadiri sekitar 500 mahasiswa dari tujuh fakultas dan sejumlah petinggi universitas yang dinakodai isteri Wagub Sulsel Dr. Ir. Hj. A. Majdah M. Zain, di Aula Gedung C.
Dr. Waheeb dalam kuliah umumnya menguraikan, posisi orang-orang berilmu yang mendapat kemuliaan tertinggi di sisi Allah SWT. Orang-orang yang tekun menuntut ilmu tidak perlu takut dan risau, karena Allah SWT sudah menggaransinya kepadanya untuk terbebas dari segala kesukaran, bahkan diberi kemudahan dan kemurahan rezeki dalam berbagai arah yang tak disangka, sehingga dia akan meraih kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat kelak.
“Berjihad itu banyak ragamnya. Dan jihad yang paling mudah untuk kita lakukan adalah menuntut ilmu,” tandasnya.
Hanya saja lanjutnya, jihad yang kita lakukan itu harus betul-betul sesuai ajaran Rasulullah Muhammad SAW. Bahwa berjihad harus dilakukan dengan niat ikhlas, hanya bertujuan untuk meraih ridhanya Allah semata, bukan karena kepentingan tertentu, kepentingan pribadi yang dipenuhi syahwat.
Hanya saja kata Syekh yang menghafal tidak kurang dari 1 juta hadis itu, kenyataannya, sebagaimana yang dialihatnya di layar TV selama beberapa hari di Makassar, jihad yang dilakukan para mahasiswa di jalan dalam bentuk demo sama sekali tidak sesuai dengan ajaran Nabi. “Nabi tidak pernah menyusahkan orang lain, satu orang pun. Beliau juga tidak pernah memaki-maki dan menhujat pemimpin atau kepala suku dengan kata-kata kasar sekalipun dia tidak senangi. Jadi mustahil jihad atau cita-cita itu bisa berhasil kalau dilakukan secara anarkis,” tambahnya.
Seusai memberikan kuliah umum yang dihadiri PR I Dr. Ir. Hj. Musdalifah Mahmud, M.Si. dan Dekan Fakultas Agama Dra. Hj. Andi Herawati, M.Ag. Syekh Waheeb diserbu mahasiswa untuk foto bersama. Dijadwalkan Dr. Waheeb akan hadir setiap bulan pada tahun 2015 nanti sebagai dosen tamu Pascasarjana UIM.

Jurlan Em Saho’as